Kamis, 02 Januari 2014

Hari ke-12: Lawak Ikan dan Jantung Pisang

Rabu, 1 Januari 2014

Hari pertama dengan kalender baru. Tahun 2014. Setelah riuhnya suara petasan dan kembang api di langit Sorowako semalam, akhirnya datanglah pagi yang tenang. Saya bangun seperti biasanya, karena semalam saya tidur lelap dan tidak terlibat dalam kemeriahan pergantian tahun. Beginilah nasib manusia pagi yang sudah menguap setelah adzan Isya :)

Rupanya pagi yang tenang tidak berlaku di rumah tanteku. Semalaman para om, tante dan sepupu berkumpul menikmati ikan bakar di sana (tanpa saya yang sudah terlelap) rupanya melanjutkan acara kumpul dan makan bersamanya di siang hari. Masih menu khas Luwu, Lawak ikan campur Jantung Pisang beserta sambal mangga. 

  
Lawak Ikan dan Jantung Pisang beserta sambal mangga

Ini belum selesai juga. Menu tadi merupakan 'makanan pembuka' untuk menu selanjutnya yaitu kapurung ikan dan kapurung ayam. Kapurung juga salah satu jenis masakan khas Luwu menggunakan sagu, sayuran dan ikan (atau ayam kampung ... untuk pertama kalinya saya baru melihat ada kapurung ayam). 

Halaman pertama dari 365 halaman kisah kami di tahun 2014 ternyata kurang lebih sama dengan halaman terakhir kisah kami di tahun 2013: kumpul keluarga dan makan masakan khas Luwu.

Nyamenna ...

Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar