Selasa, 31 Desember 2013

Hari ke-11: Parede

Selasa, 31 Desember 2013


Semalam, mammi ditelpon oleh adikku yang perempuan. Rupanya dia dan suaminya hendak mengundang keluarga besar kami makan siang bersama sebagai rasa syukur atas rejeki yang mereka dapatkan baru-baru ini.

Pagi hari akhirnya saya menjolok belimbing di pohon milik tetangga depan rumahku, bersama Azalia, keponakanku. Saya beruntung karena pohon belimbing tetanggaku ini rupanya bernasib sama dengan pohon mangga keluargaku di Barru, berbuah banyak. Mammi telah memutuskan untuk memasak parede ikan (kesukaan adikku yang laki-laki, namun sayang dia sedang berada di Makassar) dan belimbing merupakan salah satu bahan pelengkapnya. Parede ikan adalah salah satu masakan khas di Luwu, tempat kami tinggal. Walaupun kami suku bugis, setelah menetap puluhan tahun di sini membuat kami pecinta kuliner Luwu :)

Waktu makan siang tiba, rumahku pun menjadi semarak dengan kumpulnya para anggota keluarga besar. Semua menikmati parede ikan dan dange (terbuat dari sagu) dan obrolan khas kami. Semua kenyang. Alhamdulillah. Terima kasih, ya Allah.

Parede Ikan, Belimbing, Dange


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar