Sabtu, 04 Januari 2014

Pinisi

Jumat, 3 Januari 2014

Hari ini secara resmi saya mengganti kalender tahun lalu saya dengan kalender yang baru. Alhamdulillah tidak perlu repot-repot mencari kalender baru karena 'donatur tunggal' sekolah kami, PT Vale Indonesia, membagi-bagikan kalender untuk setiap guru. Kalender 2013 milik PT Vale Indonesia bertema permainan tradisional Sulawesi Selatan dengan gambar yang menarik. Kali ini temanya Pinisi dan gambarnya juga tidak kalah menarik. Saya mengutip tulisan pada kartu pos (sebagai bonus) di kalender 2014 ini:

Pinisi merupakan kapal layar tradisional Indonesia khas Suku Bugis dan Makassar. Menurut epik I La Galigo, Pinisi pertama kali dibuat oleh Sawerigading. Tradisi membangun Pinisi diteruskan oleh masyarakat Bulukumba. Di seluruh dunia, Pinisi tersisa sebagai satu-satunya kapal kayu besar yang masih diproduksi. Dulu Pinisi digunakan untuk mengangkut bala tentara perang, kini Pinisi bertugas mengangkut komoditas dan dimodifikasi menjadi kapal pesiar.

Lepas Sambut Kalender

Semoga pada tahun 2014, saya bisa seperti Pinisi ini yang mengembara ke banyak tempat di belahan bumi dan mempunyai manfaat bagi banyak manusia. Dan tentu saja banyak mengabadikan foto-foto bagus ^^

Aamiiin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar